Beranda | Artikel
Adab Mengucapkan Salam
Selasa, 12 Januari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Adab Mengucapkan Salam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 21 Jumadil Awal 1442 H / 05 Januari 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Adab Mengucapkan Salam

Pembahasan kita akan memasuki adab-adab dalam salam, termasuk adab ketika masuk rumah atau menyampaikan salam kepadan tuan rumah sebelum seseorang masuk ke satu rumah yang dikunjunginya. Dan juga berisi berbagai adab-adab salam yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam bab ini.

Keutamaan mengucapkan salam dan perintah menyebarkan salam

Islam adalah agama perdamaian. Islam menginginkan kedamaian dan keselamatan manusia di dunia dan di akhirat. Maka dari itu Allah dan RasulNya memerintahkan kepada umat ini untuk menebar salam di antara mereka.

Ayat-ayat Al-Qur’anul Karim yang dibawakan oleh Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala dalam bab ini adalah di antaranya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا…

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian masuk rumah-rumah yang bukan rumah-rumah kalian sehingga kalian meminta izin dan mengucapkan salam kepada penghuni rumah-rumah itu.” (QS. An-Nur[24]: )

Jadi ayat ini menjelaskan kepada kita di antara adab-adab yang disyariatkan oleh Allah dan RasulNya kepada hamba-hambanya yang beriman agar tidak memasuki satu rumah yang bukan rumah kita sehingga kita meminta izin dari penghuni rumah itu.

Akan disebutkan nanti dalam beberapa adab di antara adab-adab salam, yaitu ketika mengucapkan salam tatkala hendak masuk ke rumah seseorang dianjurkan sebanyak tiga kali sambil menunggu. Kalau ada jawaban, baru seseorang mengatakan: “Apakah boleh saya masuk?” Jika diizinkan, maka masuklah. Kalau tidak diizinkan atau setelah tiga kali mengucapkan salam tapi tidak ada jawaban dari orang yang ada di dalam rumah, maka kita tidak boleh memaksakan mau masuk ke rumah tersebut.

Kemudian ayat yang ke-2 yang dibawakan oleh An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala dalam bab tentang keutamaan salam ini, yaitu firman Allah:

فَإِذَا دَخَلْتُم بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِندِ اللَّـهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Apabila kalian masuk ke rumah-rumah, maka ucapkanlah salam kepada penghuni rumah itu yang itu berarti kamu mengucapkan salam untuk dirimu dengan sebuah salam dari sisi Allah yang Allah ajarkan yang penuh dengan keberkahan dan kebaikan.” (QS. An-Nur[24]: 61)

Yaitu salam yang kita ucapkan sehari-hari ketika bertemu di seseorang, ketika masuk rumah, yaitu: السلام عليك, atau السلام عليكم ورحمة الله, atau السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. Salam ini penuh dengan keberkahan. Karena mendoakan orang yang kita ucapkan salam. Maka Islam adalah agama yang telah sempurna dan inilah salam yang diajarkan oleh Allah dan RasulNya, tidak ada yang bisa menandinginya.

Bagaimana pembahasan selanjutnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Tentang Adab Mengucapkan Salam


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49617-adab-mengucapkan-salam/